Sabtu ,Desember 04 2021

Vestacp dan Fitur Menarik yang Ditawarkan untuk Manajemen Hosting Website Anda

Bagi Anda yang sedang berusaha mengembangkan website Anda, tentunya diperlukan suatu control panel untuk pengelolaan domain dan hosting. Sekarang ini, sudah ada cukup banyak opsi manajemen hosting yang bisa dipilih dan salah satunya adalah panel kontrol vestacp. Pilihan yang satu ini cukup banyak digemari dan ini juga menjadi salah satu opsi yang cocok bagi para pengguna dan pengelola website, terutama yang masih pemula.

Ada banyak hal yang membuat VestaCP ini cukup banyak digemari. Sudah pasti, ini juga menjadi salah satu control panel yang cukup mampu memberikan pengalaman terbaik dalam pengelolaan web hosting. Hal yang menarik tersebut meliputi beberapa fitur utama yang ditawarkan dan inilah beberapa di antaranya.

  1. Open source

Memang benar bahwa hosting vestacp ini menggunakan sistem open source. Ini adalah suatu keuntungan besar bagi para pengguna control panel, terutama yang sudah cukup paham dalam menyesuaikan dan mengelola control panel bagi web hosting. Dengan adanya sistem open source ini, berbagai pengaturan bisa dilakukan dengan mudah, sehingga satu pengguna dengan pengguna lainnya bisa saja memiliki konfigurasi dan kustomisasi yang berbeda. Kalaupun Anda tidak terlalu tahu cara untuk mengoptimalkan fitur ini, Anda bisa meminta tolong pada developer dan sekarang ini sudah ada cukup banyak freelance developer untuk membantu Anda.

  1. Spesifikasi rendah

Yang dimaksud di sini bukanlah rendahnya kualitas dari manajemen hosting dengan vestacp ini. Namun, ini merujuk pada spesifikasi yang diperlukan oleh VestaCP ini. Pada umumnya, suatu control panel memang memerlukan spesifikasi komputer server yang cukup bagus. Semakin tinggi spesifikasinya, tentunya akan semakin memperlancar proses pengelolaan web hosting tersebut. Namun, hal ini tidaklah menjadi suatu hal yang mutlak bagi VestaCP. Setidaknya, server hanya perlu memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 20 GB dan RAM sebesar 512 MB. Lalu, kemampuan dari CPU cukup di angka 1 GHz. Tentunya, syarat minimal ini tergolong cukup rendah dibandingkan syarat yang diperlukan oleh control panel yang lainnya. Walaupun sekedar membutuhkan spesifikasi rendah, VestaCP cukup mampu untuk menampung 5000 hingga 8000 pengunjung web setiap harinya.

  1. Keamanan

Walau terkesan sederhana atau bahkan bisa dikatakan minimalis, ternyata hosting vestacp ini juga menyediakan akses keamanan yang bagus. Firewalll yang tersedia akan cukup mampu memberikan perlindungan agar control panel dan web hosting tetap aman dari berbagai macam masalah. Didukung pula dengan fitur open source yang ada, keamanan bisa cukup ditingkatkan dengan kustomisasi yang dilakukan.

  1. Gratis

Hal lain yang menjadikan Vestacp ini cukup populer adalah karena layanan utamanya gratis. Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa menggunakan VestaCP ini. Semuanya bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Walau demikian, ada juga layanan berbayar untuk meningkatkan kenyamanan dan performa dari control panel ini. Namun, tidak ada kewajiban untuk menggunakan paket berbayar tersebut.

Itulah beberapa hal yang memang ditawarkan oleh VestaCP. Beberapa poin yang ada tersebut menjadikan control panel ini sangat digemari oleh orang-orang yang masih di tahap awal mengembangkan web hostingnya. Lebih lagi, akses yang ada bisa didapatkan secara gratis, sehingga ini bisa menjadi sarana belajar juga walau bisa saja nantinya beralih ke control panel lainnya ketika web sudah jauh berkembang. Tentu saja, masih ada fitur lainnya selain empat poin tersebut. Backup, dukungan bahasa dan tampilan, serta fitur lainnya juga telah cukup berkembang demi memberikan performa yang bagus bagi para pengguna.

Baca Juga

Marak WhatsApp Disadap, Ini Cara Mengamankannya

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi berbasis nomor telepon yang paling banyak digunakan. Tak heran banyak oknum-oknum …