Wednesday ,July 15 2020

Tugas dan Fungsi Bidang Penyelenggaraan e-Government

  1. Bidang Penyelenggaraan e-Government dipimpin oleh seorang kepala bidang yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan e-government di bidang komunikasi dan informasi.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam angka 1, Bidang Penyelenggaraan e-Government menyelenggarakan fungsi :
    1. penyusunan rencana/program kegiatan Bidang Pengembangan, Data dan Pembinaan Aparatur.
    2. pemahamanan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.
    3. perumusan kebijakan di bidang penyelenggaraan e-government.
    4. penyusunan norma, standar, prosedur kriteria bidang penyelenggaraan e-government.
    5. pemberian bimbingan teknis serta supervise Bidang Penyelenggaraan eGovernment.
    6. pelayanan pengembangan intranet, penggunaan akses internet, pelayanan sistem komunikasi intra pemerintah Kota, keamanan informasi e-Government dan manajemen data serta pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik dan spesifik dan suplemen yang terintegrasi.
    7. pelaksanaan integrasi layanan publik dan kepemerintahan.
    8. pelaksanaan dukungan urusan penyelenggaraan sumber daya dan perangkat pos serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.
    9. penyelenggaraan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Smart City dan Pengembangan sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi serta government chief information officer pemerintahKota.
    10. penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi pemerintah Kota Bengkulu.
    11. penetapan pola hubungan komunikasi sandi antar perangkat daerah.
    12. pelayanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan Kota Bengkulu. m. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan.
    13. pelaksanaan koordinasi dengan intern unit dan dinas/instansi terkait.
    14. pelaksanaan penyusunan dan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan.
    15. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya
  1. Bidang Penyelenggaraan e-Government terdiri dari :
    1. Seksi Infrastruktur, Teknologi dan Persandian
    2. Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi
    3. Seksi Layanan e-Government
  1. Seksi Infrastruktur, Teknologi dan Persandian mempunyai tugas :
    1. menyusun rencana/program kegiatan Seksi Infrastruktur, Teknologi dan Persandian sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang infrastruktur, teknologi dan persandian sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan kebijakan
    4. melakukan layanan pengembangan intranet sesuai ketentuan yang berlaku untuk percepatan layanan informasi.
    5. melakukan layanan sistem komunikasi intra pemerintah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku percepatan layanan informasi.
    6. melakukan layanan keamanan informasi e-Government di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga keamanan informasi yang bersifat rahasia.
    7. menyelenggaraan Data Center dan Disaster Recovery Center dan memantau layanan infrastruktur dasar data center, disaster recovery center dan Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga keakuratan data.
    8. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan infrastruktur, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Government Cloud Computing sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola.
    9. melaksanakan layanan interkoneksi Jaringan Intra Pemerintah dan Layanan Penyediaan Prasarana dan Sarana Komunikasi Pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pemberian informasi.
    10. menyelenggarakan internet sehat, kreatif, inovatif, produktif dan melaksanakan layanan pengelolaan akses internet pemerintah dan publik serta Layanan filtering konten negatif sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran dan keamanan informasi.
    11. melaksanakan sosialisasi pemanfaatan system komunikasi oleh aparatur pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah dalam memanfaatkan system komunikasi.
    12. melaksanakan keamanan informasi pada Sistem Elektronik Pemerintah Daerah dan Pelaksanaan Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga keamanan informasi.
    13. melakukan dukungan layanan operasional persandian sesuai ketentuan yang berlaku untuk pengamanan informasi berklasifikasi milik pemerintah dan penyelenggaraan kepemerintahan.
    14. melaksanakan layanan monitoring trafik elektronik dan penanganan insiden keamanan informasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran arus informasi.
    15. mengelola sumberdaya persandian dan tata kelola penjaminan keamanan informasi berklasifikasi milik Daerah sesuai ketentuan yang berlaku untuk keamanan informasi.
    16. melaksanakan urusan persandian sesuai ketentuan yang berlaku untuk pengamanan informasi Pemerintah Daerah.
    17. melaksanakan penetapan pola hubungan komunikasi sandi antar Perangkat Daerah di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk menyatukan pola hubungan.
    18. mengawasi penyelenggaraan persandian sesuai ketentuan yang berlaku untuk pengamanan informasi secara internal.
    19. melakukan pengawasan sumber daya perangkat pos dan Teknologi Informasi dan Komunikasia serta pendataan di wilayah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga kualitas perangkat pos.
    20. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Infrastruktur, Teknologi dan Persandian sesuai sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    21. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan tugasnya agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    22. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggung jawaban kepada atasan.
  1. Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi mempunyai tugas:
    1. menyusun rencana/program kegiatan Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari Ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan tugasnya sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang pengembangan, pengelolaan data dan aplikasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan kebijakan.
    4. melaksanakan layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran informasi.
    5. menyelenggarakan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi Smart City di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk pengembangan keterbukaan informasi.
    6. menetapkan standar format data dan informasi, walidata dan kebijakan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    7. melaksanakan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan sesuai ketentuan yang berlaku untuk kecepatan dan ketepatan penyajian data.
    8. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pemanfaatan Sistem Informasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk memaksimalkan pemanfaatan sistem informasi.
    9. melaksanakan layanan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi sesuai ketentuan yang berlaku agar tetap berfungsi dengan baik.
    10. melaksanakan layanan interoperabilitas, interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan sesuai ketentuan yang berlaku untuk memperluas jaringan layanan publik.
    11. melaksanakan layanan pusat application programme interface daerah, pengembangan business process re-engineering, sistem informasi dan promosi pemanfaatan layanan smart city interaktif pemerintah dan masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan kegiatan.
    12. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    13. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan tugasnya agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    14. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan.
    15. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar
  1. Seksi Layanan e-Government mempuyai tugas :
    1. menyusun rencana, program dan kegiatan Seksi Layanan eGovernment sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang layanan e-government sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan kebijakan.
    4. melaksanakan layanan pengembangan dan inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam implementasi e-Government sesuai ketentuan yang berlaku untuk mempercepat proses informasi.
    5. mengembangkan sumber daya Teknologi Informasi dan Komunikasi pemerintah Kota Bengkulu dan masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku untuk menunjang kelancaran komunikasi dan informasi.
    6. melaksanakan layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-Government Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran implementasi e-Government.
    7. melaksanakan layanan integrasi pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan e-Government Pemerintah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk mempercepat layanan informasi.
    8. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mengoperasionalkan implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi.
    9. melaksanakan layanan pendaftaran, pengelolaan nama domain dan sub domain serta memproses penetapan dan perubahan Pejabat Domain serta tata kelola domain dan sub domain instansi penyelenggara pemerintahan dan menetapkan sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sesuai ketentuan yang berlaku untuk memperluas jaringan informasi.
    10. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas aparatur sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pengelolaan domain, Portal dan website.
    11. memantau layanan manajemen data dan informasi e-Government dan penyelenggaraan Government Chief Information Officer Pemerintah Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas layanan.
    12. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Layanan e-Government sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    13. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan tugasnya agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    14. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan.
    15. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.