Sunday ,January 19 2020

Tugas dan Fungsi Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

  1. Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik dipimpin oleh seorang kepala bidang yang bertugas melaksanaan pengelolaan informasi dan komunikasi publik di bidang komunikasi dan informasi.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam angka 1, Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik menyelenggarakan fungsi :
    1. penyusunan rencana program dan kegiatan bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik.
    2. pemahaman ketentuan ketentuan peraturan perundang-undangan sesuai bidang tugasnya.
    3. penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik.
    4. penyusunan norma standar prosedur dan kriteria bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik.
    5. pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah.
    6. penyediaan konten lintas sektoral dan akses informasi.
    7. pengelolaan media komunikasi publik.
    8. pelayanan informasi publik, hubungan media dan kehumasan.
    9. penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik.
    10. pelaksanaan pengawasan bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik.
    11. pemantauan dan evaluasi di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah.
    12. pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait.
    13. penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan.
    14. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik terdiri dari:
    1. Seksi Pengelolaan Informasi Publik.
    2. Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik.
    3. Seksi Kehumasan dan Layanan Informasi Publik.
  1. Seksi Pengelolaan Informasi Publik mempunyai tugas :
    1. menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Pengelolaan Informasi Publik sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan pengelolaan informasi publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan kebijakan.
    4. mengelola informasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah.
    5. melakukan layanan monitoring isu publik di media massa dan media sosial sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga kebenaran berita.
    6. mengumpulkan pendapat umum melalui survei, jajak pendapat sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaring informasi publik.
    7. mengelola pengaduan masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
    8. melakukan standarisasi pertukaran informasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk perkembangan data base informasi lintas sektoral.
    9. mengolah dan menganalisis data informasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan daerah.
    10. memantau pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah sesuai ketentuan yang berlaku agar kegiatan berjalan lancar.
    11. memantau tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga ketepatan tema.
    12. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Informasi Publik sesuai sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    13. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    14. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.
    15. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik mempunyai tugas :
    1. menyusun rencana/program kegiatan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan pengelolaan komunikasi publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan kebijakan.
    4. mengelola media dan menguatkan kapasitas sumber daya komunikasi publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas media komunikasi publik.
    5. menyediakan akses informasi di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku agar layan informasi cepat terpenuhi.
    6. menyelenggarakan layanan perencanaan komunikasi publik dan citra positif Pemerintah daerah sesuai ketentuan yang berlaku agar komunikasi publik lebih terarah.
    7. melakukan pembuatan dan pengemasan ulang konten nasional menjadi konten lokal sesuai ketentuan yang berlaku agar lebih efektif.
    8. mengelola saluran komunikasi milik pemerintah daerah/media internal sesuai ketentuan yang berlaku agar berjalan efektif.
    9. melaksanakan diseminasi informasi kebijakan melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah daerah sesuai ketentuan yang berlaku agar lebih tepat dan terarah.
    10. melaksanakan pemberdayaan dan penyediaan akses informasi bagi media dan lembaga komunikasi publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk menjaga kebenaran informasi.
    11. memantau penyediaan konten lintas sektoral sesuai ketentuan yang berlaku untuk dimanfaatkan oleh perangkat daerah.
    12. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Informasi Publik sesuai sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    13. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugas agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    14. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggungjawaban kepada atasan.
    15. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  1. Seksi Kehumasan dan Layanan Informasi Publik mempunyai tugas :
    1. menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Kehumasan dan Layanan Informasi Publik sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan kegiatan lebih terarah dan berjalan lancar.
    2. mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan bidang tugas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    3. menyiapkan bahan rumusan kebijakan kehumasan dan layanan informasi publik sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran penyusunan rumusan kebijakan
    4. melakukan layanan hubungan media di Kota Bengkulu sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan komunikasi publik berjalan baik.
    5. menyelenggarakan layanan pengolahan informasi publik menurut ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.
    6. memantau pelaksanaan pelayanan informasi publik sesuai ketentuan yang berlaku agar pelayanan informasi publik lebih berkualitas.
    7. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Kehumasan dan Layanan Informasi Publik sesuai sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas lebih berkualitas.
    8. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugas agar pelaksanaan koordinasi berjalan lancar.
    9. menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan pertanggung jawaban kepada atasan.dan
    10. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya agar pelaksanaan tugas berjalan lancar.