Thursday ,June 20 2019

KOTA BENGKULU MENUJU 100 SMART CITY

Pustiknas Tangsel, Pada tanggal 22 Februari yang lalu Pemerintah Kota Bengkulu telah mengikuti assessment untuk menuju 100 smart city di Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika  bertempat di PUSTIKNAS Kominfo Ciputat Tangerang Selatan, dan diikuti oleh 107  Kabupaten/Kota seIndonesia , assesment ini di ikuti langsung oleh Wakilwalikota Bengkulu Dedy Wahyudi, SE, MM. dalam kesempatan itu Wakilwalikota diberikan kesempatan untuk mempresentasikan  visi misi Kota Bengkulu serta program apa saja yang telah berjalan dan akan dibangun oleh Kota Bengkulu dalam menyongsong Smart City.

Program Unggulan yang disamapaikan antara lain adalah HD CITY, yang mana didalam program HD CITY terdapat Program HD OTO, yang merupakan aplikasi Panggil Ambulan untuk  jemput Pasien dan antar Jenazah dan Panggil Kendaraan Dinas Walikota dan Wakilwalikota  untuk mengantarkan pengantin yang akan melangsungkan pernikahan pada hari Sabtu dan Minggu bagi warga yang kurang mampu.

Wakilwalikota Dedy Wahyudi, juga menyampaikan permasalahan kompleks yang ada di Kota Bengkulu adalah :

  1. Tingginya Tunggakan PDAM dan Tingginya Tunggakan PBB , untuk menyelesaikan masalah ini kedapannya akan dilakukan kerjasama dengan pihak PLN
  2. Persoalan Pemakaman, solusi untuk hal ini akan dirancang program berbasis aplikasi dengan mengkoneksi ke database NIK Dukcapil sehingga diketahui dimana tempat tinggal Jenazah.
  3. Pemetaan Titik Parkir , pada permasalahan parkir ini di titik beratkan pada kebocoran PAD parkir, untuk mengatasi ini Kota Bengkulu akan membangun aplikasi bernama SIPREMAN (Sistem Informasi Parkir Elok Aman dan Nyaman), aplikasi ini nantinya dirancang setiap objek parkir tidak lagi mebayar tunai melainkan sudah menggunakan nontunai, sehingga setiap objek parkir akan menempelkan kartu parkir ke mesin scan yang disediakan juru parkir setiap akan melakukan parkir.

Wakilwalikota menyampaikan kepada pihak assessor bahwa  Beliau hadir bertujuan untuk meyakinkan bahwa Kota Bengkulu Siap dan menginginkan menjadi bagian dari 100 “Kota Cerdas” di Indonesia

Semoga Saja.

About Tanto Aza

Baca Juga

Halal bi Halal bersama Wartawan Media Siber/online, tokoh masyarakat, dan kelompok Cipayung Plus

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu Medy Pebriansyah dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala …