Sabtu ,Januari 16 2021

Sistem Keamanan Jaringan Untuk Proteksi Perangkat Komputer Anda

Berbagai ancaman yang dapat membahayakan perangkat komputer membuat setiap pemilik dan pengguna komputer wajib memiliki sistem keamanan jaringan. Ketahui informasi lebih lengkapnya hanya di artikel ini!

Bagaimana perasaan Anda saat jaringan komputer Anda diakses oleh orang yang tidak berhak alias penyusup? Tentunya sangat marah, bukan? Mereka bisa jadi mencuri data pribadi Anda dan menggunakannya untuk berbuat jahat. Untuk itulah diperlukan sebuah sistem keamanan untuk melindungi jaringan komputer Anda. Artikel ini akan membahas lebih lanjut seputar sistem keamanan jaringan yang berguna untuk Anda.

Definisi Sistem Keamanan Jaringan

Sistem keamanan jaringan adalah proses untuk mengidentifikasi dan mencegah pengguna yang tidak sah dari suatu jaringan komputer. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi resiko ancaman berupa perusakan bagian fisik komputer maupun pencurian data seseorang.

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan

Ada beberapa jenis gangguan keamanan jaringan yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya:

  • Hacking: perusakan pada infrastruktur jaringan komputer yang sudah ada.
  • Carding: pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang. Misalnya pencurian nomor kartu kredit yang dimanfaatkan untuk berbelanja online.
  • Deface: perubahan terhadap bentuk atau tampilan website.
  • Physing: pemalsuan data resmi.

Macam-macam Sistem Keamanan Jaringan

  1. VPN (Virtual Private Network): jaringan komunikasi lokal yang dapat terhubung melalui media jaringan. Fungsi dari VPN secara tersendiri adalah untuk mendapatkan komunikasi yang aman melalui internet.
  2. Autentikasi: proses pengenalan peralatan, sistem operasi, aplikasi, dan identitas pengguna yang terhubung dengan jaringan komputer. Contohnya adalah saat pengguna memasukkan username dan password untuk login ke jaringan.
  3. DMZ (De-Militerized Zone): berfungsi untuk melindungi sistem internal dari serangan hacker.
  4. Enkripsi: teknik pengkodean data yang dapat digunakan untuk menjaga data.

Tips Keamanan Jaringan

Untuk menjaga keamanan jaringan Anda, ikuti tips berikut ini:

  1. Pasang AntiVirus yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang fungsinya untuk mencegah berbagai macam virus komputer yang dapat merusak komputer dan menghilangkan data-data penting.
  2. Update komputer Anda secara rutin. Software yang terinstal pada komputer perlu untuk diperbarui demi menjaga keamanan komputer Anda.
  3. Jangan sembarangan membuka website yang tidak jelas, seperti situs-situs bajakan yang didalamnya terdapat virus pathogen yang dapat menyebar ke perangkat komputer.
  4. Anda juga sebaiknya berhati-hati saat ingin mengunduh file dari internet, karena bisa jadi juga terdapat virus atau malware didalamnya.

 Demikianlah informasi seputar sistem keamanan jaringan yang berguna untuk melindungi perangkat komputer Anda. Waspadalah saat menggunakan komputer dan mengakses internet karena kini banyak orang-orang yang melakukan kejahatan secara digital.

 

Penulis : Deddy Pardiansyah, S.Kom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Mengenal SSH Server dan DNS Server

Ssh server¬†adalah sebuah protocol masuk dengan aman dan dari file dikirim dari jaringan unix system. …