Sabtu ,Januari 16 2021

Perlukah Layanan Call Center ?

Layanan Nomor panggilan darurat Call Center seperti 991 Milik kepolisian USA, 119 Milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 110 Milik Kepolisian Republik Indonesia merupakan suatu layanan yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengadukan dan melaporkan kejadian secara langsung yang kemudian akan direspon oleh pihak-pihak terkait.

Call Center 112 merupakan layanan skala nasional yang diinisiasi oleh Kemenkominfo pada tahun 2016 untuk mengakomodasi kebutuhan penanganan keadaan darurat di daerah/kota. Layanan ini kemudian didesentralisasi kepada setiap daerah/kota yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menerapkannya dan diberikan kebebasan dalam implementasi didalamnya.

Layanan Call Center 112 adalah Layanan Panggilan Darurat yang digunakan ketika terjadi keadaan kegawat daruratan dengan menghubungi nomor 112 yang akan terhubung dengan Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112). Layanan Panggilan Darurat 112 dibangun Pemerintah Daerah bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengingat Nomor darurat, mempercepat penanggulangan keadaan darurat serta mempermudah koordinasi antar instansi terkait dalam penangganan kegawat daruratan.

Layanan nomor darurat 112 merupakan program multisektoral, dimana layanan ini melibatkan berbagai pihak yang mempunyai peran dan kepentingan tersendiri dalam penanganan tangap darurat. Dalam Peraturan Kementrian Komunikasi Dan Informatika No 10 Tahun 2016 merincikan beberapa kejadian yang ditangani oleh layanan nomor darurat yaitu : kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam dan masalah kesehatan.

Masyarakat dapat menggubungi layanan Call Center ketika mengalami kondisi gawat darurat seperti kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, penanganan masalah kesehatan, ganguan keamanan dan ketertiban umu dan kedaaan darurat lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Setiap panggilan dari masyarakat ke nomor panggilan Layanan Call Center 112 akan diterima oleh operator di Pusat Panggilan Darurat  (Call Center 112) kemudian diteruskan kepada petugas pengarah yang akan menentukan jenis keadaan darurat dan meneruskan informasi tersebut kepada Organisasi Perangkat Daerah kedaruratan, Kepolisian setempat atau petugas lapangan yang akan melakukan penanganan kedaruratan.

Selain meneruskan laporan ke dinas-dinas terkait untuk mendapatkan respons secepatnya, layanan 112 juga akan memandu untuk melakukan tindakan-tindakan yang perlu diambil sesuai dengan kondisi darurat yang dialami pelapor. Cara ini diharapkan bisa mencegah kejadian yang lebih parah atau mencegah jatuhnya korban lebih banyak. Nomor panggilan Layanan Call Center 112 bisa dihubungi melalui telepon seluler maupun telepon rumah. Panggilan ini bebas biaya dan dapat dilakukan bahkan dalam kondisi ponsel tanpa SIM card, namun masih dalam jangkauan sinyal layanan operator.

 

Penulis : Deddy Pardiansyah, S.Kom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Mengenal SSH Server dan DNS Server

Ssh server adalah sebuah protocol masuk dengan aman dan dari file dikirim dari jaringan unix system. …