Kamis ,Juli 29 2021

Perbedaan Hosting, VPS, dan Cloud Server/Virtual Data Center

Web Hosting merupakan tempat atau pusat untuk menampung semua file dan data yang dibutuhkan untuk membuat website agar dapat diakses melalui internet. File dan data tersebut dapat berupa gambar, script, email, database, domain, dan lainnya. Dengan webhosting, para pengembang bisnis dapat membuat Website untuk bisnis atau perusahaan mereka agar dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain melalui internet.

Kelebihan Web Hosting diantaranya yaitu:

  • Memberikan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, sekitar satu hingga tiga gigabytes. Kapasitas tersebut tentu masih memadai untuk website-website baru yang tidak memiliki terlalu banyak traffic untuk hosting file ke internet.
  • Harga yang murah dan terjangkau

Virtual Private Server bekerja layaknya Cloud Server/VDC (Dedicated Server) dan dapat dijadikan sebagai Web Hosting. Virtual Private Server merupakan virtual server yang memungkinkan pembagian sumber daya ke dalam virtual mesin pada server. Yang membedakan dengan Web Hosting yaitu Anda bebas menentukan Sistem Operasi yang ingin digunakan dan mendapatkan akses sebagai root. Di dalam VPS, Anda bebas menginstall program aplikasi apapun, dan dapat diinstall panel sebagai induk dari Web Hosting yang dapat membagi resource ke beberapa hosting.

Kelebihan menggunakan VPS diantaranya adalah :

  • Fleksibel – Anda dapat menginstall software di VPS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Anda akan memiliki akses ROOT, dimana dengn mempunyai akses ini, anda dapat melakukan apa saja terhadap VPS anda
  • Garansi resource (CPU, RAM, dan Space)
  • Anda tidak akan diusir pihak hosting karena menggunakan WP-Robot atau sejenisnya.

Cloud Server/Virtual Data Center (Dedicated Server) merupakan server cloud yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk kebutuhan berskala besar. Anda dapat menentukan kebutuhan resource sesuai keinginan Anda, seperti RAM, CPU, Hardisk, dll. Dengan Cloud Server/VDC, Anda dapat membuat virtual mesin, container, ataupun docker dengan banyak pilihan sistem operasi.

Cloud Server memiliki empat keunggulan utama dibandingkan dengan VPS tradisional.

  • Fleksibilitas hampir tanpa batas dari sisi ukuran sumber daya.
  • Upgrade sumber daya dalam sekejap, kadang-kadang bahkan tanpa memerlukan reboot.
  • Secara Signifikan mempunyai redundansi yang lebih baik

Sentralisasi penyimpanan (storage) secara redundan

Baca Juga

Pemkot Bengkulu Kembali Berikan Paket Belanja Gratis melalui Program Inovatif 1001 Janda

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dengan Visi-Misinya dalam menghadirkan kebahagiaan ditengah-tengah masyarakat Kota Bengkulu terus dilakukan …