Ahad/Minggu ,Juni 20 2021

Pentingnya Keamanan Data / Data Security di era 4.0

Apa Itu Data Security ?

Data Security adalah praktik melindungi informasi digital dari akses tidak sah, korupsi, atau pencurian di seluruh siklus hidupnya. Ini adalah konsep yang mencakup setiap aspek keamanan informasi dari keamanan fisik perangkat keras dan perangkat penyimpanan hingga kontrol administratif dan akses, serta keamanan logis dari aplikasi perangkat lunak. Ini juga mencakup kebijakan dan prosedur organisasi.

Ada berberapa Jenis keamanan data :

Keamanan data ada beberapa macam, diantaranya Enkripsi, Firewall, Secure SocketLayer, Kriptografi, Pretty Good Privacy.

  • Enkripsi adalah sebuah proses yang melakukan perubahan sebuah kode dari yang bisa dimengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa dimengerti (tidak terbaca). Enkripsi juga dapat diartikan sebagai kode atau chipper.
  • Firewall adalah suatu keamanan yang bersifat seperti sebuah filter yang bertujuan untuk menjaga (prevent) agar akses (ke dalam atau ke luar) dari orang yang tidak berwenang tidak dapat dilakukan.
  • Secure Socket  Layer  adalah  suatu  bentuk  penyandian  data  sehingga informasi rahasia seperti nomor kartu kredit atau kontrol autentikasinya tidak dapat dibaca atau di akses oleh pihak lain selain pemiliknya daan server (pemilik servis).
  • Kriptografi adalah  seni  menyandikan  data.  Menyandikan  tidak  harus berarti menyembunyikan meskipun kebanyakan algoritma yang dikembangkan di dunia kriptografi berhu bungan dengan menyembunyikan data.
  • Pretty Good Privacy adalah salah satu algoritma keamanan komunikasi data melalui internet untuk komunikasi harian semacam electronic mail. PGP merupakan gabungan antara sistem pembiatan digest, enkripsi simetris dan asimetris..

Ada 3 alasan kenapa keamanan data / data security itu penting. Yang pertama adalah mencegah potensi kerugian material. Yang kedua adalah mengurangi risiko penyalahgunaan data / informasi. Yang terakhir adalah memperkecil peluang tindakan kriminal.

Teknologi yang dipakai dalam implementasi transformasi digital harus sesuai dengan standar keamanan yang telah diakui dunia. Jangan sampai hanya demi menghemat biaya, harus mengorbankan aset perusahaan yang tidak ternilai harganya. Jangan biarkan artikel tentang keamanan data / data security ini berhenti di kamu. Share artikel ini kepada orang disekitarmu. Semoga tidak ada lagi orang yang lalai menggadaikan data penting pribadinya secara cuma-cuma ya! Selamat mencoba!

Baca Juga

Pemkot Bengkulu Kembali Berikan Paket Belanja Gratis melalui Program Inovatif 1001 Janda

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dengan Visi-Misinya dalam menghadirkan kebahagiaan ditengah-tengah masyarakat Kota Bengkulu terus dilakukan …