Sabtu ,Januari 16 2021

Mengenal Salah Satu Aplikasi Vidio Converence Zoom Meeting

Mungkin sebagian ASN sudah banyak yang tau atau mencoba Aplikasi yang satu ini, sejak meningkatnya jumlah terjangkit virus corona yang mengharuskan setiap Aparatur Sipil Negara melakukan pekerjaannya di rumah (Work From Home)  aplikasi ini menjadi semakin populer. Mulai dari lembaga negara dan swasta telah banyak memakainya dalam melaksanakan rapat – rapat kedinasan.

Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio.

Berikut adalah langkah yang dapat Anda tempuh untuk pengguna PC atau laptop :

  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan kevideo conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang kevideo conferenceyang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  6. Klik Join a Meeting ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.

 Cara pakai Zoom di HP Android atau iPhone

  1. Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  2. Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan akan diundang ke video conferenceyang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan linkuntuk di Copy-Paste di browser.
  5. Seperti di PC atau laptop, jika kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kamu tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  6. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  7. Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting, dan ruanganvirtual meetingsudah siap digunakan.

 

Penulis : Deddy Pardiansyah, S.Kom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Mengenal SSH Server dan DNS Server

Ssh server adalah sebuah protocol masuk dengan aman dan dari file dikirim dari jaringan unix system. …