Kamis ,April 22 2021

Mengenal Pengertian Komputer Cluster

Komputer cluster terdiri dari set komputer terhubung dengan kerja sama sehingga banyak hal tetapi dilihat sistemnya tunggal. Tidak seperti komputer jaringan, komputer cluster komputer memiliki setiap node set untuk melakukan tugas yang sama, dikendalikan dan dijadwal oleh perangkat lunak. Komponen cluster biasanya terhubung satu dengan yang lain melalui jaringan Local Arena Network (LAN) dengan setiap node komputer digunakan sebagai server berjalan sendiri dari sebuah sistem operasi. Dalam sebagian besar keadaan semua node menggunakan hardware yang sama dan sistem operasi yang sama, meskipun di beberapa setup yaitu mengunakan Sumber Daya Open Source Cluster Aplikasi (OSCAR), sistem operasi yang berbeda dapat digunakan pada setiap komputer dan harware yang berbeda.

Biasanya komputer cluster digunakan untuk meningkatkan kinerja dan ketersediaan satu komputer, sementara biasanya menjadi jauh lebih hemat biaya dari pada komputer tunggal kecepatan sebanding atau ketersediaannya. Komputer cluster muncul dari konvergensi dari sejumlah tren komputasi termasuk ketersediaan mikroprosesor murah, jaringan berkecepatan tinggi, dan perangkat lunak untuk kinerja tinggi komputasi terdistribusi. Mereka memiliki berbagai penerapan dan penyebaran, mulai dari kelompok usaha kecil dengan beberapa node untuk beberapa superkomputer tercepat di dunia seperti IBM Sequoia. Aplikasi yang bisa dilakukan namun, tetap terbatas, karena perangkat lunak harus tujuan-dibangun per tugas . Hal ini maka tidak mungkin untuk menggunakan cluster komputer untuk tugas-tugas komputasi kasual.

Adapun keuntungan dari cluster sendiri terutama dirancang dengan kinerja dalam pikiran, tetapi instalasi didasarkan pada banyak faktor lainnya toleransi kesalahan kemampuan untuk sistem untuk terus bekerja dengan node rusak juga memungkinkan untuk skalabilitas sederhana, dan dalam situasi kinerja tinggi, frekuensi rendah dari rutinitas perawatan, konsolidasi sumber daya klarifikasi diperlukan, dan manajemen terpusat.

Dalam sistem Beowulf, program aplikasi tidak pernah melihat node komputasi juga disebut komputer slave tetapi hanya berinteraksi dengan “Master” yang merupakan komputer tertentu menangani penjadwalan dan pengelolaan. Dalam implementasi hal ini memiliki dua antarmuka jaringan, satu yang berkomunikasi dengan jaringan Beowulf pribadi, yang lainnya untuk jaringan tujuan umum organisasi. komputer biasanya memiliki versi mereka sendiri dari sistem operasi yang sama, dan memori lokal dan hard disk ruang. Namun, jaringan swasta juga mungkin memiliki file server yang besar dan berbagi yang menyimpan data persisten global, diakses banyak oleh pengguna yang diperlukan.

Karena daya komputasi meningkat setiap generasi konsol game, penggunaan baru telah muncul di mana mereka repurposed ke Kinerja  komputasi tingkat tinggi (HPC) cluster. Beberapa contoh cluster konsol permainan yang cluster Sony PlayStation dan Xbox cluster Microsoft. Contoh lain dari produk permainan konsumen adalah Nvidia Tesla Supercomputer Personal workstation, yang menggunakan beberapa grafis akselerator prosesor chip. Selain konsol game, kartu grafis high-end juga dapat digunakan sebagai pengganti. Penggunaan kartu grafis (GPU atau lebih tepatnya mereka) untuk melakukan perhitungan untuk komputasi grid adalah jauh lebih ekonomis daripada menggunakan CPU, meskipun kurang tepat. Namun, bila menggunakan nilai presisi ganda, mereka menjadi seperti tepat untuk bekerja dengan sebagai CPU, dan masih jauh lebih murah (biaya pembelian).

Cluster komputer dijalankan pada komputer fisik terpisah dengan sistem operasi yang sama. Dengan munculnya virtualisasi, node cluster dapat berjalan pada komputer fisik terpisah dengan sistem operasi yang berbeda yang dicat di atas dengan lapisan virtual untuk terlihat mirip. Klarifikasi diperlukan cluster ini juga dapat virtualisasi pada berbagai konfigurasi pemeliharaan berlangsung. Contoh implementasi adalah Xen sebagai manajer virtualisasi dengan Linux-HA.

Penulis : Weniarti, S.IKom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Takjub Dengan Berendo, Pengusaha Sukses Asal Bengkulu Sebut Kota Bengkulu Makin Maju

Bengkulu, InfoPublik – Kunjungan Maya Miranda Ambarsari ke Kota Bengkulu mendapat wejangan istimewa dari Wakil …