Sabtu ,Desember 04 2021

Berberapa fakta dari VTube, di Blokir?

Berikut berberapa fakta dari aplikasi VTube yang kini menjadi sorotan pemerintah?

  1. Diblokir Kominfo

Kominfo telah memblokir situs resmi Vtube pada Minggu, (14/2/2021). Pemblokiran ini dilakukan atas permintaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diketahui, OJK meminta Kominfo untuk memblokir situs VTube yang tergabung dalam PT Future View Tech lantaran terindikasi sebagai skema money game.

  1. Masih dapat dibuka

Meski situs sudah diblokir, namun aplikasi VTube masih dapat dibuka dan masih dapat diunduh di PlayStore (untuk pengguna Android). Sementara, aplikasi VTube tidak tersedia di AppStore (untuk pengguna iOS).

  1. Skema referral

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing mengatakan, dalam aplikasi VTube terdapat skema referral di mana anggota VTube bisa mendapatkan poin tambahan dengan mengajak orang lain bergabung maupun upgrade level misi. Poin ini juga didapat anggota dari menonton iklan pada VTube. Menurutnya, skema ini mirip dengan yang digunakan pada usaha penjualan langsung atau yang dikenal multi level marketing (MLM). Pada skema ini, penggunanya tidak boleh memakainya untuk penawaran jasa.

  1. Investasi Ilegal

Di sisi lain, Tongam menyampaikan bahwa aplikasi dengan skema dan modus tersebut tidak memiliki legalitas yang jelas. Ia menyebutkan, legal artinya masyarakat perlu teliti legalitas lembaga dan produknya. Kemudian, dapat juga mengecek apakah kegiatan atau produk yang ditawarkan dan ingin diikuti sudah memiliki izin usaha dari instansi terkait atau belum.

Baca Juga

Marak WhatsApp Disadap, Ini Cara Mengamankannya

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi berbasis nomor telepon yang paling banyak digunakan. Tak heran banyak oknum-oknum …