Kamis ,April 22 2021

Dasar-dasar Jaringan Komputer

Setiap kita berselancar di dunia maya, melakukan interaksi, berkirim data atau sekedar membuka aplikasi, maka semua itu bisa terjadi berkat adanya jaringan komputer. Jaringan ini akan saling terkait di antara beberapa komputer yang terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi.Hubungan jaringan inilah yang membuat kegiatan kita di internet menjadi lancar, aplikasi dapat diakses dan perangkat keras komputer.

Jaringan komputer ini juga dapat dikatakan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Semua jaringan ini dibangun dan dikumpulkan adalah agar informasi dan data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan cepat,  tepat dan akurat langsung kepada dua belah pihak.

Disamping itu, jaringan komputer juga sangat berperan besar dalam mengintegrasi data antar komputer klien sehingga bisa dapat menghasilkan data hasil yang relevan. Beberapa istilah jaringan komputer adalah LAN, MAN dan WAN, mari pelajari dan pahami selengkapnya tentang jaringan komputer, jenis dan topologinya.

Pengertian Dari Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan dua bahkan lebih komputer yang telah terhubung antara satu dengan yang lain serta dipakai untuk berbagai data. Adanya jaringan komputer dibangun menggunakan kombinasi dari hardware serta software. Dalam pembuatan jaringan komputer, adanya switch juga router memakai protocol dan algoritma supaya bisa bertukar informasi serta bisa membawa data sampai ke titik akhir sesuai keinginan.

Setiap dari titik akhir kadang juga dikenal dengan host dalam jaringan mempunyai pengenal yang unik, seringnya alamat IP maupun alamat Media Access Control yang dipakai dalam menunjukkan sumber bahkan tujuan transmisi. Endpoint bisa mencakup server, telepon, komputer pribadi, juga banyak jenis hardware dalam jaringan.

Jaringan komputer mungkin diciptakan dengan memakai gabungan dari teknologi kabel juga wireless. Perangkat jaringan  selalu berkomunikasi lewat medium transmisi kabel bahkan wireless. Bagi jaringan yang memakai kabel, mungkin anda memerlukan optical fiber, kabel tembaga, atau coaxial cable. Lain halnya, jika jalur jaringan wireless masuk dalam jaringan komputer yang memakai koneksi dari data wireless agar bisa menghubungan dengan titik akhir, disini yang dimaksud dengan titik akhir yaitu radio seluler, radio siaran, satelit, juga microwave.

Jaringan dapat berubah private bahkan public. Adanya jaringan private umumnya memerlukan user dalam memasukkan kredensial supaya bisa melakukan akses jaringan. Biasanya seperti ini diberikan dengan manual dari administrator jaringan ataupun diperoleh secara langsung oleh para pengguna lewat kata sandi maupun menggunakan kredensial yang lain. Lain halnya dengan jaringan public, misalkan internet tidak membatasi berbagai akses.

Jaringan komputer ternyata bukan hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis dari jaringan komputer yang sering anda lihat dan anda dengan, yaitu :

  1. Local Area Network (LAN)

    LAN menjadi penghubung antar perangkat jaringan di dalam jarak yang pendek. Sebuah gedung sekolah, kantor, juga rumah yang jaringannya isi satu LAN. Namun terkadang dalam satu gedung akan disini banyak LAN yang terletak mungkin di per kamar. Terkadang adanya LAN bisa menjangkau kelompok bangunan sekitarnya. Jaringan TCP/IP,  LAN ternyata sering namun tidak bisa di implementasikan dalam subnet IP tunggal.

    Selain menjalankan operasi di ruang terbatas adanya LAN biasanya juga dimiliki, dikendalikan, serta dikelola satu atau bahkan organisasi.  Anda akan cenderung memakai berbagai teknologi dalam konektivitas khusus, terutama oleh Ethenet juga Token Ring. Terdapat LAN yang sudah memakai teknologi di wireless menggunakan Wi-Fi yang telah dikenal Wireless Local Area Network atau WLAN.

  2. Metropolitan Area Network (MAN)

    MAN merupakan jaringan komputer yang bertugas menghubungkan 2 bahkan lebih antar jaringan LAN dalam satu kota. Jika jarak yang menjadi penghubung dalam membangun jaringan, artinya jaringan MAN telah digunakan. MAN sebenarnya lebih besar daripada LAN, namun lebih kecil daripada WAN. Adanya MAN memakai perangkat khusus serta kabel supaya bisa menghubungkan LAN.

  3. Wide Area Network (WAN)

    WAN sering disebut dengan sekumpulan LAN yang sudah tersebar geografis. Ada perangkat jaringan dikenal dengan router yang berfungsi menghubungkan antar LAN menuju WAN. Pada jaringan IP, adanya router yang digunakan untuk menyimpan alamat LAN juga alamat WAN.

    WAN beda dari LAN pada beberapa hal pentingnya, umumnya WAN semacam internet dan tidak dipunyai oleh salah satu organisasi, namun ada di bawah naungan kepemilikan serta pengelolaan secara kolektif bahkan terdistribusi. Jaringan komputer WAN ini cenderung memakai teknologi misalkan Frame Relay, ATIM, juga X.25 dalam konektivitas dengan jarak yang jauh lagi.

  4. Person Area Network (PAN)

    Tidak jauh beda dengan LAN, adanya PAN umumnya mencangkup berbagai wilayah yang lebih kecil lagi, misalkan jaringan di kantor atau rumah. Secara umum jenis jaringan digunakan bagi resource misalkan, printer juga  internet.

  5. Campus Area Network (CAN)

    Jaringan komputer CAN dikatakan mirip MAN, namun terbatas dalam universitas bahkan akademi. Jaringan satu ini biasanya disiapkan dalam kegiatan pendidikan, misalkan praktik lab, pembaruan kelas, ujian, email, pemberitahuan dan lain sebagainya.

  6. Internet

    Internet merupakan berbagai jenis jaringan komputer yang paling besar yang penah dibuat oleh manusia. Adanya internet bisa menghubungkan berbagai jutaan perangkat dengan komputasi yang masuk dalam Laptop, PC, Workstation, Webcam, tablet, TV, CCTV, smartphone.  Supaya bisa menghubungan antar perangkat ini, ada banyak infrastruktur dan teknologi yang harus digunakan. Kegunaan internet tersedia untuk banyak orang, sebab siapa saja dapat terhubung dengan internet dan internet dianggap juga jaringan yang tidak aman.

  7. Virtual Private Network (VPN)

    VPN merupakan solusi dalam menyediakan berbagai koneksi pada internet secara lebih aman. Misalkan, di sebuah perusahaan mempunyai 2 kantor, satunya ada di Jakarta serta yang lain d Bandung. Hal ini masing-masing perusahaan bisa memakai VPN dalam menghubungkan antar 2 kantor tersebut. kegunaan VPN untuk membuat jalur aman pada internet serta dapat digunakan dalam transmisi data.

Topologi pada jaringan komputer

Jaringan Komputer ada topologinya yang mengacu dengan tata letak sebuah perangkat yang harus terhubung. Biasanya topologi dikenal dengan bentuk bahkan struktur virtual pada jaringan. Bentuknya tidak pasti sesuai dengan tata letak fisik yang sebenarnya pada perangkat jaringan. Misalkan, computer pada jaringan rumah dapat diatur dengan lingkaran pada ruang keluarga. Namun tidak memungkinkan dalam menemukan berbagai topologi cincin disana.

Berbagai topologi pada jaringan terdapat beberapa tipe :

  1. Topologi Bus

    Jaringan bus memakai kabel untuk tulang punggungnya, kabel ini fungsinya sebagai media dalam berkomunikasi dan berkomunikasi dengan perangkat yang lain di jaringan dengan mengirim pesan siaran lewat kabel yang dihubungkan oleh 2 perangkat, namun penerimanya saja yang dituju dan benar-benar menerima serta memproses pesan itu.

  2. Topologi Ring

    Jaringan cincin mempunyai dua tetangga dengan tujuan komunikasi. Pesan perjalanan lewat cincin menuju arah yang baik dan sama dengan “searah jarum jam” bahkan “berlawanan arah jarum jam”.

  3. Topologi Bintang

    Jaringan pada rumah sering menggunakan topologi ini yang punya titik koneksi terpusat yang dikenal “hub node” dan mungkin adalah hub jaringan, router, dan switck. Topologi ini dihubungkan dengan hub melalui Unshielded Twisted Pair atau UPT Ethernet.

  4. Topologi Pohon

    Topologi ini bergabung bersama topologi bintang dalam membentuk topologi bus. Dengan bentuknya paling sederhana, biasanya perangkat jun saja yang bisa terhubung secara langsung ke bus pohon dan per hub mempunyai fungsi sebagai akar daripada pohon perangkat.

  5. Topologi Mesh

    Topologi ini diperkenalkan dengan konsep rute, tidak sama dengan topologi lain berbagai besan yang bisa dikirim di jaringan mesh bisa mengambil salah satu atau beberapa jalur yang kemungkinan dari sumber menuju tujuan.

Kesimpulan dan penutup

Jaringan komputer akan selalu terhubung sebelum mereka bisa dapat berkerja maksimal untuk melayari internet, maka tidak herjan jaringan ini juga sangat bergantung pada akses internet baik itu dalam kecepatannya maupun jumlah kecepatannya.

Terciptanya jaringan komputer ini mampu berbagi resource tanpa kendala meski berjauhan jarak sekalipun. Anda dapat melakukan data sharing berupa data dokumen, video, gambar dan lainnya dengan orang yang terjauh atau diluar negara tanpa adanya batasan jumlah dan akses selama jaringan telah terhubung dengan internet.

Selain itu Anda juga dapat berbagi storage dan hardware dengan menggunakan hardware sharing. Anda juga dapat berbagi satu koneksi internet yang ada dengan banyak orang atau yang disebut Internet Access Sharing yang menggunakan router dengan kemampuan alokasi bandwith dengan mudah bagi komputer mana saja yang membutuhkannya.

 

Penulis : Deddy Pardiansyah, S.Kom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Takjub Dengan Berendo, Pengusaha Sukses Asal Bengkulu Sebut Kota Bengkulu Makin Maju

Bengkulu, InfoPublik – Kunjungan Maya Miranda Ambarsari ke Kota Bengkulu mendapat wejangan istimewa dari Wakil …