Sabtu ,Januari 16 2021

Alternatif Rapat Dimasa Pandemi Covid-19

Era baru perkembangan Teknolonogi dan Informasi yang sangat dahsyat, harus dimanfaaatkan oleh para Aparatur Sipil Negara untuk mempermudah dalam melaksanakan pekerjaan, kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah melakasanakan rapat interaktif jarak jauh dengan video conference.

Melalui video conference yang terkoneksi internet ini memungkinkan setiap ASN melakukan interaksi meskipun tempatnya berjauhan dan tidak berada dalam satu tempat. Tujuan dari pemanfaatan video conference dalam kegiatan tatap muka jarak jauh dalam melaksaanakan rapat tetap dapat melakukan interaksi dalam rangka melakukan Koordinasi dan diskusi terkait dengan kegiatan kantor. Setiap Asn baik itu atasan dan bawahan dapat melakukan interaksi koordinasi tersebut dari rumahnya masing – masing.

Aplikasi yang menyediakan layanan video conference tersebut antara lain :

  1. Cisco Webex Meetings Cisco Webex Meetings adalah salah satu opsi untuk video conferencing. Aplikasi cukup populer di kalangan pengguna bisnis karena mempunyai banyak fitur menarik, termasuk bergabung dengan meeting hanya dengan satu ketukan, layout video yang disesuaikan, dan menjadwalkan live meeting dari aplikasi.
  2. Zoom Cloud Meetings Zoom Cloud Meeting juga menjadi pilihan aplikasi video conference yang layak. Zoom Cloud Mettings merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Aplikasi ini mendukung hingga 100 peserta bersamaan dalam satu pertemuan.
  3. Skype Skype adalah solusi yang layak dicoba untuk tim atau bisnis kecil. Skype mendukung panggilan video hingga 25 peserta. Anda dapat menelepon orang tanpa Skype, tapi membutuhkan sedikit biaya.
  4. Hangouts Meet Google Hangouts Meet adalah aplikasi video conference atau meeting online versi bisnis dari Google Hangouts yang dirancang untuk organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran. Penggunannya sendiri mencakup mobile dan desktop, dapat digunakan secara cuma-cuma dan terbilang sederhana.

 

Penulis : Deddy Pardiansyah, S.Kom

Editor : Ariani Ningrum, SE

Baca Juga

Mengenal SSH Server dan DNS Server

Ssh server adalah sebuah protocol masuk dengan aman dan dari file dikirim dari jaringan unix system. …