Kamis ,Juli 29 2021

AlmaLinux, Sistem Operasi Gratis Alternatif CentOs Linux

Jika sahabat netizen mengikuti perkembangan dunia sistem operasi server, mungkin Anda sudah tahu bahwa CloudLinux baru saja merilis AlmaLinux, OS alternatif dari CentOs. Sistem operasi AlmaLinux sebenarnya adalah project dari RedHat Linux Enterprise (RHEL) yang didukung dan diambil alih oleh CloudLinux. Setiap tahunnya, CloudLinux telah berinvestasi sebanyak 1 juta dollar untuk mengembangkan sistem operasi yang diklaim sebagai alternatif, dan bahkan clone, dari CentOs ini.  Sampai akhirnya, CloudLinux berhasil merilis versi beta dan versi stabil AlmaLinux pada akhir Q1 tahun 2021 ini. Nah jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang AlmaLinux, cara download, beserta cara installnya pada server dan hosting Anda, baca terus artikel ini ya!

Seperti yang sudah disebutkan diatas, AlmaLinux adalah project dari RedHat yang dikembangkan sebagai alternatif dari sistem operasi CentOs. Project AlmaLinux ini dimulai setelah  RedHat mengumumkan bahwa mereka akan mengalihkan fokus dan waktu mereka dari CentOS Linux ke CentOS Stream. Jadi bisa dibilang sebenarnya tujuan utama AlmaLinux adalah untuk menjadi alternatif CentOs stable linux. Versi yang tersedia saat ini bahkan mempunyai dasar yang sama dengan RHEL 8.3 lho.

Menurut pengumuman yang diberikan oleh CloudLinux saat rilis, Anda bisa menggunakan operasi sistem AlmaLinux untuk kebutuhan komputasi apapun, instalasi bare-metal, mesin virtual, container, maupun penyedia cloud. Intinya AlmaLinux adalah sistem operasi yang stabil dan bisa digunakan untuk banyak perangkat Anda — terutama untuk lingkungan server.  Bahkan Anda juga dapat menginstal (graphical user interface)  GUI di AlmaLinux dan menggunakannya sebagai sistem operasi desktop lho!

Meskipun AlmaLinux awalnya memang dibangun oleh tim developer dari CloudLinux, kedepannya pengembangan proyek sistem operasi ini akan bergantung pada komunitas yang sudah dibentuk saat waktu perilisan sistem operasi ini. Singkatnya, AlmaLinux adalah operasi sistem distribusi Linux yang gratis dan open-source. Kode source OS ini bisa dengan mudah ditemukan pada repository GitHub resmi AlmaLinux. Pengguna yang terdaftar di komunitas AlmaLinux juga bisa melaporkan bugs yang ada pada  operasi sistem tersebut melalui fitur bug tracker disini.

Cara Download & Install AlmaLinux

Cara download dan menginstall AlmaLinux pun juga cukup mudah loh sahabat netizen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman download AlmaLinux disini. Pilih versi instalasi ISO yang Anda butuhkan.
  2. Ada 3 pilihan instalasi ISO images yang tersedia: Boot iso, Minimal iso, & DVD iso.
  • Boot iso adalah CD image instalasi dalam jaringan tunggal yang mengunduh semua data yang ada di dalamnya melalui Internet.
  • Minimal iso memungkinkan Anda untuk mengunduh DVD image berisi file instalasi agar bisa melakukan instalasi secara offline.
  • DVD iso adalah file DVD image yang berisi semua file instalasi yang dibutuhkan.

AlmaLinux juga tersedia sebagai torrent file yang akan mengunduh semua file instalasi ISO image yang ada saat bersamaan. Nah setelah mengunduh file instalasi AlmaLinux yang Anda butuhkan, Anda hanya perlu mengikuti proses dan langkah-langkah instalasi yang disediakan oleh operasi sistem ini. Bagaimana sahabat netizen ? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan sistem operasi alternatif CentOs yang gratis ini ?

Baca Juga

Pemkot Bengkulu Kembali Berikan Paket Belanja Gratis melalui Program Inovatif 1001 Janda

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dengan Visi-Misinya dalam menghadirkan kebahagiaan ditengah-tengah masyarakat Kota Bengkulu terus dilakukan …