Sabtu ,Desember 04 2021

5 Manfaat Utama Media Sosial untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli | SILABUS

Media sosial memainkan peran kunci dalam kehidupan setiap orang. Siswa juga menggunakan media sosial secara ekstensif. Meskipun ada persepsi umum bahwa siswa pada akhirnya menghabiskan banyak waktu di media sosial, media sosial dapat digunakan untuk banyak manfaat. Mari kita baca 5 manfaat teratas media sosial bagi siswa.Ada berbagai jenis media sosial yang ada saat ini: Jejaring Sosial ( Facebook , Linked-In , Google+ ), Blogging mikro (Twitter , Tumblr ), Berbagi Foto (Instagram , Snapchat , Pinterest), Berbagi Video ( YouTube , Facebook-live , Periscope , Vimeo).Menggabungkan semuanya, media sosial telah menjadi sangat penting karena peningkatan drastis dalam jumlah pengguna. Seperti yang dapat kita lihat (referensi – statistik di bawah) bahwa terdapat 2,27 miliar pengguna aktif bulanan di Facebook saja, yang mencakup sekitar 40% populasi dunia.

erkat kelompok usia dan akses yang mudah, berbagai situs media sosial mengakses mereka. Menurut salah satu laporan terbaru, persentase siswa yang menggunakan setiap platform adalah sebagai berikut: Facebook – 96%, YouTube – 84%, Blog – 20%, Twitter – 14%, MySpace – 12%, dan LinkedIn – 10%.

Media sosial telah muncul sebagai kekuatan yang kuat, yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keuntungan. Berikut adalah 5 manfaat teratas media sosial bagi siswa , yang dapat digunakan siswa untuk memanfaatkan media sosial.

1. Pembelajaran & Jaringan
Manfaat pertama dari 5 manfaat teratas media sosial bagi siswa, adalah Pembelajaran dan Jejaring. Pembelajaran telah melampaui ruang kelas di mana pembelajaran sosial dipromosikan di hampir semua situs web e-learning terkemuka. Siswa dapat mengambil kelas dari situs web e-learning dan mendiskusikan pembelajaran atau keraguan mereka menggunakan berbagai saluran media sosial.  Untuk Contoh NPTEL, Udemy, YouTube, dll.

Siswa dapat memanfaatkan video langsung yang merupakan bagian dari begitu banyak situs jejaring sosial untuk melibatkan diri dalam kelas. Siswa dapat berbagi materi pelajaran melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram , dan bahkan Whats App.

Dalam proses pembelajaran sosial ini, menjadi sangat penting bagi siswa untuk tetap terhubung dengan teman sebayanya. Siswa dapat berteman dengan teman dari temannya dan membangun jaringan yang kuat. Mereka dapat mengenal banyak orang baru dan mulai membangun koneksi baru dengan mereka. Sebelumnya sangat sulit mendapatkan informasi apapun tentang tokoh terkenal.

Setiap orang harus melihatnya di televisi dan surat kabar. Setelah media sosial menjadi pusat perhatian, sangat mudah bagi semua orang untuk mengikuti tokoh terkenal dan orang berpengaruh. Karenanya, media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam menghubungkan mahasiswa dengan orang-orang yang mereka ambil aspirasinya.

2. Untuk Ekspresi Kreatif
Media sosial adalah platform yang indah bagi siswa untuk mengekspresikan diri. Banyak siswa akan takut dengan pemikiran tentang apa yang akan terjadi jika mereka mengekspresikan diri. Ini membantu siswa untuk membagikan pemikiran mereka tanpa rasa takut.

Media sosial memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel individu, video, klip audio, dll. Ini membantu siswa untuk keluar dari kotak dan mengeksplorasi bakat mereka. Peristiwa semacam itu akan mengidentifikasi bakat siswa dan memberi mereka kesempatan lebih jauh dalam kehidupan.

Dibandingkan sebelumnya, sangat mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain sekarang. Ini menjadi mungkin hanya dengan bantuan media sosial. Media sosial telah membantu kami menghilangkan metode lama di mana siswa harus menunggu kesempatan untuk berpartisipasi dalam sebuah acara dan memamerkan bakat mereka. Sejak media sosial muncul, hal itu telah memberi siswa platform yang indah bagi mereka untuk menunjukkan bakat mereka.

3. Rasakan Eksposur Global
Media sosial adalah platform yang sangat luas sehingga siswa dapat terhubung dengan siapa pun di dunia. Ketika memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan orang-orang pada platform yang begitu luas, memang mereka mendapatkan pengetahuan yang luar biasa darinya, yang luar biasa, bukan.

Mereka bahkan mengenal beragam budaya yang ada di seluruh dunia. Itu termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, kebiasaan makan, dan banyak lagi hal indah yang menarik. Mereka bahkan dapat belajar tentang berbagai kursus yang ada di universitas dari seluruh dunia.

Mereka dapat menonton sesi kelas yang direkam untuk kursus tertentu. Sesi semacam itu juga memberikan catatan, sebagian besar waktu. Siswa dapat berbagi ide dan pemikiran mereka di platform global. Media Sosial memberikan identitas individu kepada setiap orang. Ini memberi siswa pengakuan dalam platform seperti itu pada usia muda yang luar biasa. Mahasiswa juga mendapat banyak kesempatan. Mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang sangat banyak.

4. Peluang Kerja
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akademisi gap merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi mahasiswa saat ini. Meskipun seorang siswa menyelesaikan gelarnya, sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Media sosial membantu mereka meraih peluang.

Banyak perusahaan memperbarui tentang pembukaan di akun media sosial mereka. Siswa yang mengikuti perusahaan ini di media sosial dapat melamar dengan mengirimkan resume mereka. LinkedIn adalah salah satu platform media sosial tempat siswa melamar magang dan pekerjaan secara ekstensif.

Media sosial membantu siswa untuk meneliti tentang perusahaan dan mendapatkan informasi tentang semua bidang yang mereka minati. Mereka dapat membaca ulasan dan komentar yang diposting oleh orang lain dan mendapatkan gambaran keseluruhan tentang perusahaan. Peringkat yang diberikan oleh orang lain juga sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Siswa dapat melihat di media sosial peringkat yang diberikan kepada perusahaan tertentu. Ini membantu siswa untuk terlihat. Siswa dapat membuat diri mereka terlihat dengan berbicara secara percaya diri dan membangun hubungan yang baik dengan semua orang. Mahasiswa dapat menampilkan bakatnya di media sosial. Mereka dapat memposting proyek atau model yang telah mereka buat.

5. Pemasaran Media Sosial:
Siswa dapat mempromosikan festival atau kegiatan perguruan tinggi apa pun menggunakan media sosial. Setiap perguruan tinggi memiliki festival budaya setiap tahun. Siswa harus mempromosikan festival mereka untuk memastikan siswa dari perguruan tinggi lain juga berpartisipasi. Karenanya, media sosial membantu siswa untuk berpromosi di platform besar.

Beberapa siswa mungkin melakukan beberapa pekerjaan selain kurikulum sekolah dan perguruan tinggi yang biasa. Seperti misalnya karya seni dan kriya atau karya lain dalam hal itu. Mereka bisa mengiklankan karyanya di media sosial. Ini adalah salah satu cara termudah dan terbaik untuk beriklan.

Tidak ada biaya apapun untuk beriklan juga. Media sosial adalah platform yang bagus untuk penggalangan dana. Karena jumlah orang yang menggunakan media sosial sangat besar. Mudah bagi kami untuk mengumpulkan dana. Kami bahkan bisa menjual apapun di media sosial.

Media sosial telah mengubah banyak hal. Sebelumnya orang biasa membaca koran di pagi hari, tetapi sekarang semua orang melihat akun media sosial mereka untuk mengetahui kabar terbaru. Gaya hidup masyarakat berubah karena evolusi media sosial.

Akibatnya, semua orang hampir menjadi pecandu media sosial dalam satu atau lain cara. Di atas segalanya, ini adalah tempat yang indah untuk berinteraksi dengan teman dan rekan kerja. Tetapi jika hal yang sama digunakan dengan cara yang salah maka itu menjadi sangat bencana.

Baca Juga

Marak WhatsApp Disadap, Ini Cara Mengamankannya

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi berbasis nomor telepon yang paling banyak digunakan. Tak heran banyak oknum-oknum …